Saturday, February 4, 2017

Tips Ampuh Langkah Awal Belajar Web Programing Dari Pemula Hingga Akhir

Pertanyaan diatas sangat sering diajukan oleh programmer pemula atau kalangan awam yang ingin mulai belajar web programming. Saya juga sering ditanya terkait masalah ini baik melalui email maupun dari kolom komentar yang ada di duniailkom. Ini sangat sangat bisa dimaklumi, karena saking beragamnya materi terkait web programming, banyak programmer pemula bingung mesti memulai dari mana.




karena masalah itu saya sebelumnya berkaca pada saya sewaktu newbi atau pemula belajar pemrograman ,  memutuskan untuk membuat artikel khusus mengenai masalah ini, dan semoga bisa menjadi panduan dasar untuk kalian semua .


Ingin belajar web programming, harus mulai dari mana?” Pertanyaan ini juga ada dipikiran saya sewaktu mulai belajar web programming, apakah mesti belajar algoritma dulu? HTMLPHP? atau apa? Juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi web programmer yang ahli?
Saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Buat kalian yang sudah lama ‘makan asam garam’ web programming, mungkin memiliki pendapat berbeda, silahkan tinggalkan komentar di akhir postingan Ya ..

Saya ingin mempelajari web programming, harus memulai dari mana ya?

Jawaban singkatnya: mulai dari HTML.
HTML adalah inti dari seluruh halaman web. Sangat mustahil untuk membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang HTML. Untungnya, HTML juga sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu memiliki dasar programming atau pengetahuan tentang algoritma apapun. Satu-satunya kemampuan yang dibutuhkan adalah anda sudah cukup familiar dengan cara penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Setelah HTML, lanjut kemana?

Jika anda sudah menguasai HTML (minimal dasar-dasar HTML), bisa memilih antara CSS atau PHP. Apabila berminat dengan web design, silahkan lanjut mempelajari CSS. Apabila anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke database, membuat laporan, dll bisa lanjut ke PHP.
Saya pribadi lebih menyarankan untuk lanjut ke CSS. Dengan demikian, akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web.
Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. Baik CSS maupun HTML sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML).
Duniailkom juga sudah menyediakan Tutorial CSS dasar yang bisa menjadi panduan untuk memulai belajar CSS.

Web Programming dengan PHP

Selanjutnya, setelah mempelajari HTML dan CSS, anda bisa lanjut ke PHP. Berbeda dengan HTML dan CSS, PHP ‘murni’ sebuah bahasa pemrograman komputer. HTML dan CSS sendiri belum bisa dikatakan bahasa pemrograman, tapi lebih ke bahasa kode. Di PHP inilah web programming yang sebenarnya.
PHP digunakan untuk membuat ‘program’ sebenarnya dari sebuah website. Mulai dari mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Jika anda membuat sebuah website modern, 80% waktu akan anda habiskan membuat kode program PHP, terutama website kaya fitur seperti sistem informasi, ujian online, portal berita, dll.
Untuk dapat mempelajari PHP, sebaiknya punya dasar-dasar programming. Walaupun begitu, Duniailkom telah menyediakan tutorial PHP dasar untuk pemula yang dilengkapi langkah-langkah dari awal, sehingga anda bisa mempelajari PHP walaupun tidak memiliki dasar programming.

Menyimpan Data di Database MySQL

Ketika membuat website dengan PHP, kadang kita perlu untuk menyimpan data seperti registrasi user, laporan penjualan, hasil perhitungan, dll. Media penyimpanan ini dikenal dengan database.
Terdapat beragam aplikasi database yang bisa digunakan, saat ini aplikasi database yang paling populer untuk web programming adalah MySQL. Anda bisa mempelajari MySQL pada saat bersamaan dengan PHP atau fokus ke PHP, baru kemudian lanjut ke MySQL.
Jika anda mengikuti perkembangan terbaru web programming, sekarang juga muncul aplikasi database baru: MariaDBMariaDB sebenarnya adalah ‘cloningan‘ dari MySQL. Seluruh perintah di MySQL tetap berjalan di MariaDB. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir untuk mulai belajar MySQL (walaupun nantinya akan menggunakan MariaDB).

Animasi dengan JavaScript

Materi terakhir yang perlu dikuasai adalah JavaScript. Sama seperti PHP, JavaScript merupakan bahasa pemrograman murni.
JavaScript diperlukan untuk membuat halaman website yang interaktif, seperti apa yang terjadi ketika sebuah tombol di-klik, menampilkan pesan kesalahan jika salah mengisi form, membuat animasi hingga game online berbasis web.
Sebenarnya, anda bisa langsung mempelajari JavaScript setelah belajar HTML, tapi saya menyarankan untuk masuk ke JavaScript setelah paham PHP, terutama jika anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman komputer sebelumnya.
JavaScript menggunakan konsep pemrograman berbasis objek (Object Oriented Programming). Konsep OOP cukup sulit untuk pemula (terutama jika anda belum pernah belajar OOP). Walaupun begitu, dengan materi dan panduan yang sesuai, belajar JavaScript sangat menyenangkan. Fitur dan hasil akhir yang bisa didapat dengan JavaScript sangat menarik, seperti animasi, konten interaktif, dll.

HTML + CSS + PHP + MySQL + JavaScript, berapa lama untuk menguasai semua ini?

Jawabnya: tergantung :)
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Pertama, kata-kata ‘menguasai’ disini sangat relatif.
Untuk sekedar ‘tahu’ tentang fungsi masing-masing ‘bahasa’ ini, anda bisa meluangkan waktu sekitar 1 minggu (hari pertama belajar HTML, hari kedua belajar CSS, dst). Tapi sekali lagi, ini hanya untuk sekedar ‘tahu’, itupun jika anda tidak pusing dengan pembahasan masing2nya :)
Bahasan untuk setiap ‘bahasa’ ini sangat banyak. Apabila anda melihat-lihat buku terbitan luar seperti di amazon.com, beberapa buku bahkan memiliki hingga 1000 halaman, dan itu hanya khusus membahas satu macam materi seperti HTML saja, PHP saja, atau JavaScript saja. Buku manual resmi PHP dan MySQL bahkan bisa mencapai 2000 halaman.
Jadi, mungkin pertanyaannya bisa dibalik, yakni seberapa banyak yang ingin anda pahami? Dengan asumsi setiap hari meluangkan waktu 4-5 jam untuk belajar, dalam 1 bulan anda bisa dianggap sudah menguasai 1 materi (+ beberapa minggu untuk latihan kode program), sehingga total dalam 5 bulan sudah bisa menguasai HTML, CSS, PHP, MySQL, dan JavaScript. Ini dengan catatan anda sudah memiliki sumber bacaan yang mudah dipahami seperti buku, ebook, maupun tutorial online.

Huff, baiklah saya sudah cukup paham tentang HTML, CSS, PHP, MySQL, dan JavaScript, jadi apakah sudah selesai?

Sekali lagi, ini tergantung dari berbagai faktor. Jika anda berniat mempelajari web programming sebagai ‘hobi’ atau sekedar mengisi waktu luang, memahami kelima bahasa pemrograman web diatas dirasa sudah cukup. Tapi bagi anda yang berniat serius terjun ke dunia web programming, atau bahkan ingin memiliki karir sebagai web programmer, ini baru sebagai “gerbang awal”.
Dunia ilmu komputer, terutama web programming berkembang dengan sangat cepat. Setiap bulan (jika bukan setiap hari) lahir teknologi baru yang bisa digunakan untuk membuat website yang lebih “wah” dari sebelumnya. Teknologi ini hadir dalam bentuk library, plugin, framework, CMS atau bahkan sebuah bahasa pemrograman baru.
Sebagai contoh, di dalam bahasa pemrograman PHP, anda juga akan dituntut untuk memahami frameworkFramework adalah kumpulan kode program dengan aturan tertentu yang bisa digunakan untuk menghasilkan website dengan cepat. Beberapa framework PHP yang cukup terkenal adalah Laravel, Code Igniter, Yii Framework, dan Zend Framework.
Dari sisi desain web (CSS), terdapat framework seperti Bootstrap dan Zurb Fondation. Selain itu ada juga teknologi CSS preprocessor seperti Less dan Sass.
Untuk JavaScript tersedia berbagai teknologi library seperti jQuery, framework AngularJS, dan juga Node.js. Khusus untuk jQuery, duniailkom juga telah menyediakan tutorial dasarnya: Tutorial jQuery untuk pemula. Tp sebelum kesini, wajib sudah paham HTML dan JavaScript.
Melihat banyaknya teknologi yang harus dikuasai, pada titik ini umumnya anda harus memilih akan fokus kemana. Jika fokus ke web designer (dikenal juga sebagai front-end developer), kuasai secara mendalam HTML+CSS+JavaScript beserta frameworknya. Jika anda ingin fokus ke web programmer (dikenal juga dengan back-end developer), khususkan diri untuk mendalami PHP, MySQL dan berbagai framework-nya.
Sebagai pembuktian untuk kebutuhan akan framework, silahkan anda lihat lowongan kerja web programmer. Hampir semuanya membutuhkan syarat menguasai beberapa framework seperti Code Igniter, Laravel, atau jQuery.

Wah banyak banget yang harus dikuasai mas…

Lagi-lagi, ini tergantung dengan tujuan anda mempelajari web programming. Jika butuh untuk keperluan edukasi seperti tugas sekolah / membuat skripsi, silahkan fokus untuk menyelesaikannya, gunakan web programming sebagai ‘media’ untuk mencapai tujuan ini.
Tetapi jika anda serius ingin berkarir sebagai programmer, mempelajari setiap teknologi ini akan terasa sangat menyenangkan. Istilahnya, tiada hari tanpa ngoding :)
Sekian Artikel ini menjadi pedoman saya waktu waktu kelas 1 smk Waktu Awam Banget , belajar Pemrograman , saya bingung harus dari mana , Saya terus baca terus saya terapkan di diri saya . sampai sekarang saya juga masih belajar pemrograman .
Semoga tulisan singkat dari duniailkom ini bisa memberikan gambaran apa yang akan anda hadapi dan apa yang harus anda kuasai untuk menjadi web programmer. Mudah-mudahan bermanfaat, dan jika ada ide/saran/pertanyaan/berbagi pengalaman, silahkan tinggalkan sepatah dua patah kata di kolom komentar :)
*Sumber Refrensi pilihan Saya Yang Terpercaya dan Ampuh

Artikel Terkait