Friday, November 1, 2019

Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru

Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru
Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Illahi Robbi, team dari lapakcode telah menyelesaikan project kesekian kalinya, kali ini lapakcode memiliki misi untuk men-support digitalisasi presensi guru untuk kelas, yang kami maksud disini adalah, Guru melakukan presensi siswa perkelas, per pertemuan, guru pastinya punya pegangan presensi sendiri menurut mapel yang di ampu, yang pada guru merupakan bagian dari pemenuhan administrasi pembelajaran. yuk kita bahas, ada apa saja didalamnya... cekidot

Tahun Pelajaran
halaman setting pelajaran, untuk pengaturan tahun pelajaran yang aktif saat ini, anda dapat mengatur atau menambah tahun pelajaran sesuai tahun pelajaran yang anda inginkan.

Jurusan atau Program Keahlian
Tujuan utama dalam Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru diperuntukkan untuk sekolah tingkat lanjut atas (SLTA), baik SMK maupun SMA. jurusan dapat disesuaikan dengan Jurusan atau Program Studi Keahlian yang ada pada sekolah. pengoperasioannyapun cukup familier dan mudah. 

Kelas atau ringkat
kelas merupakan Data master yang terdapat dalam Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru, karena guru akan melakukan presensi pada kelas dan siswa yang ada dalam kelas tersebut.

halaman guru
Pada halaman guru merupakan data guru yang dapat mengakses Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru, terdapat username dan password pada halam ini sesuai dengan guru masing-masing. untuk melakukan setting mata pelajaran dari seorang guru, maka anda terlebih dahulu mengisi data mata pelajaran yang ada dalam menu mapel seperti dibawah ini :

Halaman Mata Pelajaran
setelah itu pada halaman guru dapat membuka akses mapel, setelah itu dapat melakukan penambahan mapel sesuai dengan mapel yang diampu oleh guru tersebut.

Halaman Siswa
halaman ini sesuai dengan nama menu, digunakan untuk melakukan penambahan data siswa, dan terkahir adalah halaman wali kelas 
Halaman Wali Kelas
untuk proses absesnsi, guru harus login terlebih dahulu sesuai dengan username dan password yang terdaftar dalam sistem. untuk halaman dashboard guru dapat dilihat seperti gambar dibawah ini :

Dashboard Guru
dalam dashboard guru terdapat beberapa informasi yang ada, diantaranya :
  1. Data Mata Pelajaran
  2. Absensi Hari Ini
  3. Log
  4. Data Abensi
  5. serta grafik pertemuan
untuk melihat semua mapel apa saja yang diampu, dapat dilihat pada menu mapel saya, dalam halaman tersebut terdapat mapel dan hari apa saja dan dikelas mana saja mapel tersebut disampaikan, ya layaknya jadwal guru. lihat lebih detailnya pada gambar dibawah ini :
Jadwal pada Mapel Saya
untuk melakukan persensi, guru dapat melakukan input apsen pada menu input absensi, atau guru dapat melakukan pemilihan sesuai dengan jadwalnya. menu input absensi seperti yang tampak dibawah ini  :
halaman input absensi
halaman input absen siswa, guru dapat melakukan absensi sesuai dengan jadawal (yang aktif warna hujau), dengan klik input absensi. aktif sesuai dengan harinya. proses presensi seperti dibawah ini
Proses Presensi Kelas
untuk output Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru adalah sebagai berikut :
Report Mapel Perpertemuan
Report dalam bentuk excel
harapannya dengan Aplikasi Presensi Mata Pelajaran Untuk Guru pada guru di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan presensi, agar pada akhir semester guru dapat melakukan tindakan atau acuan penilaian untuk menindak lanjuti siswa yang sering tidak masuk, sakit, ijin atau tidak masuk tanpa keterangan.
keternagan lebih lanjut lihat halaman kontak
untuk melihat Demo Klik user admin dan password admin
Maju Terus Pendidikan Indonesia.

Artikel Terkait