Saturday, March 9, 2019

Source code aplikasi perpustakaan berbasis web menggunakan codeigniter



Sobar Lapakcode dimanapun beraada, syukur yang tak terhingga kami team produksi Lapakcode telah menyelesaikan project Aplikasi perpustakaan berbasis web menggunakan codeigniter, dimana perpustakaan merupakan salah satu bentuk pelayanan sekolah kepada siswanya.
Dalam management peminjaman buku, penataan buku tentunya membutuhkan ketelitian, ketekunan dalam pencatatan, petugas, management data siswa dan tentunya tidak hanya itu saja, petugas biasanya masih menggunakan pencatatan manual untuk melakukan aktifitas terkait perpustakaan.
Alhamdulillah pada hari ini, kami tim produksi dari Lapakcode berhasil menyelesaikan Aplikasi perpustakaan berbasis web menggunakan codeigniter, tentunya program ini berusaha untuk mengcover masalah-masalah yang timbul ketika melakukan management perpustakaan, baik peminjaman maupun pengembalian buku.
Kecepatan dan ketepatan adalah hal yang utama dalam pencatatan perpustakaan ini, dalam program perpustakaan berbasis web dengan menggunakan CI ini memiliki beberapa fitur, diantaranya :

      1.      Anggota
2.       Buku
3.       Kelas
4.       Peminjaman
5.       Pengembalian
6.       Cetak Laporan, dan
7.       Pengaturan
Penjelasan
1.       Anggota

Dalam menu anggota, digunakan untuk management keanggotan dalam perpustakaan tersebut. Anggotalah yang dapat melakukan peminjaman buku.
2.       Buku

Menu buku berfungsi untuk memanagement buku, baik penambahan buku baru, laporan buku,jumlah buku, serta lebih detail tentang data buku
3.       Kelas

Data kelas untuk anggota, berisikan list daftar kelas, button untuk penambahan data kelas, serta hapus dan edit data kelas
4.       Peminjaman terdiri dari 2 menu
a.       Input peminjaman

Fitur ini berfungsi untuk melakukan transaksi peminjaman, anggota yang telah terdaftar dapat melakukan peminjaman, proses peminjaman dilakukan pada menu ini.
b.      Daftar Peminjaman

Daftar peminjaman berisikan report siswa yang telah melakukan peminjaman, serta dengan status buku telah dipinjam atau sudah dikembalikan , berikut denda jika terjadi keterlambatan pengembalian
5.       Pengembalian

Berisikan history siswa yang telah melakukan peminjaman
6.       Cetak laporan

Cetak peminjaman dan cetak data pengembalian berdasarkan custom tanggal
7.       Pengaturan
Berisikan pengaturan untuk nama sekolah, pengaturan nominal denda keterlambatan, dan management admin

semoga bermanfaat, untuk melihat Demo silahkan klik
dengan User          : petugas
             Password  : petugas

untuk lebih mendapatkan silahkan hubungi CEO Lapakcode.net

Artikel Terkait