Monday, February 13, 2017

Solusi Terbaik CMS Untuk Membangun Toko Online


Bingung Memilih CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online?. Bagi Anda yang berminat untuk membangun sebuah toko Online sendiri, memilih platform CMS yang tepat menjadi salah satu langkahnya. Anda harus jeli menaksir kebutuhan Anda dan membuat perkiraan CMS apa saja yang dapat digunakan untuk toko online Anda. Karena ada banyak pilihan Anda harus cerdas dalam memilih. Pada Artikel sebelumnya saya telah menjelaskan perbedaan CMS open source dan komersial.
Pemilihan software CMS yang terbaik untuk membuat toko online merupakan pertimbangan yang baik. Karena tiap CMS menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga Anda sendiri dapat memperkirakan CMS yang tepat untuk membaut toko online Anda.

1. OpenCart

Ini adalah cms terbaik toko online yang pertama dan salah satu cms untuk membuat toko online yang populer. Open Cart memiliki fitur yang cukup lengkap dan Anda bisa mendapatkannya secara gratis karena statusnya yang Open Source. OpenCart merupakan salah satu yang cms terbaik untuk toko onlnie Dalam sebuah paket instalasi Open Cart Anda mendapatkan toko online dengan fitur sebagai berikut:
  • Shopping Cart
  • Pencarian
  • Managemen akun
  • Pembayaran melalui beberapa akun bank
  • Display Produk
  • Penambahan informasi berupa teks, gambar, dll.
  • Pembayaran multi mata uang
  • Multi bahasa
  • Modul slideshow, dll.
Tampilan awal dari toko online OpenCart dari halaman depan adalah sebagai berikut:

Halaman depan OpenCart – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
halaman belakangnya adalah sebagai berikut:
cms terbaik toko online
Halaman belakang OpenCart – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
OpenCart secara umum lebih ringan. Penambahan fungsionalitas dengan modul juga mudah. Ini adalah CMS terbaik untuk toko online bisa Anda pilih. Penggantian template juga dapat dilakukan sesuka hati Anda. Fitur lain yang sangat saya suka pada toko online ini adalah Anda dapat memiliki lebih dari satu setingan toko online dalam sebuah instalasi. Banyak dukunngan tekni yang bisa didapatkan di internet karena toko online ini open Source dan populer.
Download openCart di situs resminya: http://opencart.com.

2. Prestashop

cms terbaik toko online
Prestashop – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
CMS terbaik untuk toko online yang kedua adalah Prestashop yang telah didonwload lebih dari 2,5 juta orang di seluruh dunia. Secara umum toko online Prestashop lebih kompleks dari pada toko online OpenCart terutama di halaman balakangnya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan toko online openCart. Karena kompleksitas dari prestashop menurut saya ini lebih berat dari OpenCart akan tetapi lebih ringan dari Magento.
cms terbaik toko online
Halaman Belakang Prestashop – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
Instalasi dari toko online prestashop juga relatif mudah. Fungsi defaultnya dapat ditambah dengan module. Namun, bagi para programer mungkin a gak susah untuk mengembangkan prestashop. Tetapi sangat berguna bagi Anda yang menginginkan fitur dasar seperti halnya yang dimiliki toko online OpenCart diatas. Namun modulenya sering kali mahal bahkan untuk modul yang sederhana. Dukungan komunitas untuk toko online ini juga bagus karena popularitasnya.
Download prestashop di situs remisnya: http://www.prestashop.com/.

3. Magento

CMS terbaik untuk toko online yang ketiga adalah Magento. Ini merupakan platform belanja premium yang menyediakan plaform toko online satu paket dengan hostingnya. Fitur pada magento terutama fitur pelaporannya. Toko online ini juga menangani sistem diskon yang kompleks dan sistem voucher yang dapat diintegrasikan dengan sistem yang lain dan akuntingnya.
magento – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
Magento merupakan tokon online untuk kalangan profesional yang membutuhkan sistem belanja dengan pelaporan yang rinci. Toko online besar di Indonesia, yakni Bhinneka menggunakan Magento sebagai toko onlinenya.
Akan tetapi Magento memiliki dua versi, yakni Community (OpenSource) dan Profesional. Versi community jelas tidak dapat dibandingkan dengan versi profesional namun cukup untuk membuat sebuah toko online sesderhana.
Anda dapat mengunduh versi Community www.magentocommerce.com. Anda harus terdaftar dulu dan login sebelum dapat mengunduhnya.

4. WordPress

cms terbaik toko online
wp-ecommerce – Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online
WordPress tidak hanya berfungsi sebagai blogging platform tetapi kadang-kadang juga bisa jadi “apa saja” termasuk toko online. Implementasinya dengan menggunakan plugin. Yang sering digunakan adalah WP e-commerce tersedia dalam versi gratis dan berbayar.. Anda dapat menikmati kentungan kemampuan penanganan artikel yang bagus dari WordPress. SEO pada WordPress pun relatif lebih mudah.
WP-Ecommerce dapat ditemukan disini: https://wordpress.org/plugins/wp-e-commerce/.
Jadi website CMS mana yang terbaik?
Pilihannya akan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, jika Anda:
1. Tidak memiliki banyak dana untuk membuat toko online namun ingin sebuah toko online yang lengkap, pilih saja OpenCart atau Magento versi Community.
2. Memiliki lebih banyak dana dan ingin mengembangkannya sekaligus menjadi website berita, gunakan WordPress yang dibantu ekstensi WP E-commerce.
3. Lebih serius lagi untuk berbisnis online karena Anda mengangani sebuah perusahaan penjualan online, maka Anda dapat mencoa Prestashop atau Magento versi professional. Demikian bahasan mengenai Memilih Web CMS Terbaik untuk Membuat Toko Online.
Kami dapat membantu memberikan jawaban yang baik untuk solusi toko online Anda secara gratis

Artikel Terkait