Tuesday, February 14, 2017

Membuat Peta Sederhana Menggunakan Google Maps


Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Google Maps dan bagaimana cara untuk membuat peta sederhana dengan Google Maps API. Kalau misalnya ada yang belum tahu apa itu Google Maps, Google Maps adalah sebuah layanan pemetaan web desktop yang dikembangkan oleh Google. Google Maps menawarkan citra satelit, peta jalan,  panorama jalanan (Street View) dengan tampilan 360 °, kondisi lalu lintas secara real-time (Google Traffic), dan perencanaan rute untuk perjalanan dengan berjalan kaki, mobil, sepeda , atau angkutan umum.
Google maps cukup diminati oleh para developers untuk membangun sebuah aplikasi berbasis map / peta karena memiliki library yang sangat lengkap dan dokumentasi yang sangat mudah difahami sehingga tidak jarang juga banyak layanan online saat ini mengandalkan Google Maps sebagai engine map, contohnya yaitu layanan transportasi online seperti Gojek, Grab dan juga Uber dan juga media sosial seperti Path.

Script Untuk Membuat Peta Sederhana Dengan Google Maps API 

Oke cukup perkenalannya, sekarang kita akan memulai untuk membuat peta sederhana dengan Google Maps. Pada contoh kasus kali ini kita akan menampilkan peta kota Bandung dan menampilkannya di browser. buka text editor dan ketik script kode berikut :
Sekarang kita akan coba tampilkan lihat hasilnya Output dari script diatas adalah sebagai berikut :





Artikel Terkait