Wednesday, February 15, 2017

Awal Inspirasi Membuat Website E-Marketplace

Assalamualaiku Hello Sahabat lapakcode kali ini  saya akan coba share sebuah website project website penjualan marketplace , dan rencana saya kali ini saya akan mengajak kalian sahabat lapakcode  untuk membuat webisite market place dari awal , tapi sebelumnya mengenai marketplace apa sih  marketplace itu ?.

Marketplace adalah sebuah lokasi jual beli produk dimana seller dan juga konsumen bertemu di suatu tempat. Seller akan menjual barangnya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace.

Saya mempunyai ide membuat website market ini untuk project Ujian Kopentensi Kejuruan sekolah atau yang di sebut tugas akhir ( UKK ) ,sebernya ndak di tema ndak harus sih membuat marketplace untuk tugas akhir .  Untuk UKK mewajibkan untuk membuat sebuah project Akhir yang sudah di tentukan judulnya .

untuk judulnya sih sebenernya mudah dan dapat dimengerti ,ada 3 jenis judul untuk UKK tahun 2017 , yaitu
  1.  Aplikasi Poliklinik adalah salah satu unit pelayanan masyarakat yang bergerak pada bidang kesehatan. Sebuah poliklinik yang menawarkan fasilitas perawatan kesehatan yang di khususkan untuk perawatan pasien rawat jalan.
  2. Aplikasi Simpan Pinjam Koperasi yaitu kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan, yang prinsipnya simpan pinjam
  3. Apliaksi Penjualan Buku yaitu Apliaksi Penjualan yang menjual beberapa buku yang dapat memudahkan pembeli melakukan pembelian buku secara online dan mudah .
nah itulah judul yang diberikan untuk UKK tahun ini , dan saya langsung berkeinginan memilih judul yang nomer 3 , yaitu Penjualan buku .   kenapa saya pilih judul yang nomer 3, disisi lain saya sangat berkeinginan suatu saat saya akan menjadi anggota  atau bekerja di sebuah perusahaan internet atau website lah , seperti contoh  Facebook, Google , dan Bukalapak, nah berhubung semua judul untuk UKK  ada yaang bertema penjualan  saya langsung mengarahkan ke situs Jual Beli Online Bukalapak. walaupun judulnya Penjualan buku , saya akan membuat Project untuk UKK Saya , saya itu sebuah webisite Jual Beli Buku Konsepnya Sama Kayak Bukalapak  , walaupun tidak sebagus bukalapak mungkin , saya bisa melakukannya . 

Langkah Pertama Mempersiapkan Membuat Project Aplikasi MarketPlace .

Sebelumnya saya bingung , untuk memulai membangun project ini , saya harus mulai dari mana . saya tau kalau untuk membangun sebuah project webiste ataupun aplikasi , langkah pertama harus menganalisa dulu , membuat alur ceritanya , maunya bagaimana setelah saya mengalami kebingungan itu saya mencoba berkonsultasi pada guru program saya , dan hasil benar ,langkah pertama adalah Refrensi , dan selanjutnya cerita dengan cara menggambar alur ceritanya atau biasa disebut jalan ceritanya . dan setelah saya menggambar dan hasilnya puluhan kertas coretan cerita saya , akhirnya mulai ketahap yang lebih serius lagi untuk berfikir , yaitu analisa database .

Menganalisa data yang di berlukan untuk sang marketplace

Di tahap analisa inilah saya hampir Frustasi untuk tidak melanjutkan Project ini , tapi kalau saya nyerah saya tidak dapat apa apa ataupun mendapatkan kekecewaan yaitu Tidak Lulus , nah dari situlah saya mencoba menganalisa data yang harus dan di perlukan untuk membuat marketplace, pertama  di Soal UKK itu sudah di sediakan beberapa contoh database penjualan buku , berikut adalah contohnya .


Gambar diatas adalah contoh database yang diberikan di soal ukk , dan saya coba menormalisasikan dan hasilnya , di semua tabel ada yaang harus di tambah kan , dan harus di revisi ulang , dan saya merevisi ulang dari awal ,  dan dari situlah saya menemukan ide ide yang bisa membuat beberapa tabel ataupun data yang dipakai untuk membangun marketplace .  tapi analisa saya masih kurang ,waktu itu untuk membuat analisa saya membeli jaket dari bukalapak , di samping saya membeli product saya menganalisa dan akhirnya , saya dapat datanya , jadi saya membeli jaket dapat analasi data , amazing kan . jadi pada intinya pada tahap ini   menganalisa  apa saja data yang harus dan di butuhkan untuk membuat marketplace . saya saran kan untuk membuat analisa database , kalian harus paham akan konsep normalisasi  , gui Storybord , dan hal hal yang berhubungan dengan basis Data . 

Tahap Memilih Teamplate , front end

Setalah menganalisa dan sudah membuat database , ini adalah langkah selanjutnya yaitu men design tampilah sang marketplace nya , mengacu ke bukalapak , kalian bisa melihat semua tampilan webisite bukalapak ,  tampilan yang sederhana dan mudah di pahami lah yang bagus ,untuk website penjualan .seperti contoh dibawah , ini adalah tampilan yang saya buat dengan Pure HTML CSS ,dan Javascript Tidak Ada bantuan Framework:

Untuk dibawah adalah tampilan home page nya


Untuk Yang bawah ini tampilan produk bukunya


 Untuk Yang dibawah adalah page detail produk bukunya .


Tampilan diatas di design menggunakan html css dan javascript , jadi saya sarankan buat kalian kalian harus paham akan html dan css . kenapa saya tidak memilih atau menggunakan framework untuk design teamplate , buat project saya . disisi lain , menggunakan teamplate yang bukan buatan sendiri itu tidak enak kalau menurut saya , mending bikin tampilan sendiri yang sederhana toh bisa di perlebar atau di kembangkan sendiri jadi alur nya kita mengetahui .

Teknik Pemrograman yang di pakai untuk membuat sang marketplace

Setelah kalian sudah fix dengan analisa basis data ataupun tamopilan nya . selanjutnya kalian pilih , teknik apa yang kalian gunakan untuk membuat project marketplace itu . kalau mengenai teknik pemrograman , biasanya yang sering digunakan itu menggunakan framework codeingniter , laravel , :-( cuman saya ndak akan memakai itu untuk membuat project buat tugas sekolah , saya lebih suka memakai teknik OPP  , Jika Kalian Belum mengenal teknik pemrograman OPP Kalian Bisa Belajar kok dilapakcode. ini , , teknik OOP ini menurut saya ini keren ya , mudah dan , menjadi nilai tersendiri kalau menguasai teknik OPP. saya saran kan untuk tidak menggunakan codeingniter jika dibuat tugas  Sekolah , Cuman jika Mau bikin project di luar sekolah ya , pake juga ndak papa , kalau saya sih suka yang Teknik OOP .   dan saran ketika kalian sudah ataupun sedang membuat pasti ada aja hal baru , yang kurang , ketika di tengah jalan biasa nya analasinya kalian mesti berubah , ada sedikit tambahan dari kalian untuk analisa kalian ,  saya saran kan , jika kalian menemukan hal baru silahkan langsung saja di implementasi kan di project kamu  .  sayapun juga begitu ,  

Itulah curahan pengalaman saya membuat marketplace sampai sekarang  sayapu  juga belajar , kita masih sama-sama belajar untuk menemukan hal baru ,  untuk kesimpulan pembahasan di atas ,  sebenernya simple  , berpikir , menganalisa , dan lakukan lakukan , 

mungkin sekian dari saya , tidak banyak yang saya bisa tulis untuk artikel ini , mungkin kalian akan mengikuti  cara belajar , saya  itulah contoh , cara belajar saya , tidak hanya marketplace doang , project aplikasi laennya juga macam itu cara di atas , untuk membangunya ,  dan semoga bermanfaat terima kasih banyak ya :

Untuk masukan kalian bisa coret coret di komentar  saya sangat mengharga coretan kalian 








Artikel Terkait